Aneka Jenis Rumah Panggung

Jika anda mendengar Rumah Panggung, tentunya identic dengan zaman tradisional, rumah adat dan jauh dari kata modern. Rumah panggung memang sudah akrab dengan telinga anda sejak dahulu, hampir semua daerah di Indonesia memiliki rumah panggung dengan keunikan dan ciri khas masing-masing. Pada zaman dahulu, kolong pada rumah panggung sering dijadikan tempat menyimpan sesuatu atau dijadikan kandang hewan peliharaan pemiliknya dan ada juga yang menjadikan kolong rumah panggung sebagai tempat bercengkrama. Ketinggian pada kolong rumah panggung pun disesuaikan dengan fungsinya, jika hanya 1 meter kolong rumah panggung dijadikan tempat kandang hewan peliharaan. Tapi jika ukuran tinggi kolong lebih dari 1 meter dijadikan tempat untuk bercengkrama.

Namun seiring berkembangnya zaman, justru banyak dari anda memilih rumah yang bernuansa sederhana, klasik dan kembali ke alam. Jika anda ingin hunian yang sederhana , bertema klasik dan natural, rumah panggung bisa menjadi pilihan tepat untuk anda. Rumah panggung yang terbuat dari kayu, akan membuat hunian anda terlihat elegan dan juga natural. Selain itu rumah panggung bisa menjadi solusi dan alternative untuk anda menghindari banjir.

Ada beberapa jenis dari rumah panggung yang harus anda ketahui sebelum anda membangunnya

1. Rumah Panggung Kayu

Desain dari rumah panggung kayu hampir sama dengan rumah tradisional di Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi yaitu rumah memiliki kolong yang cukup tinggi. Perbedaannya terletak pada konsep rumah dan kegunaan kolong rumah. Dahulu kolong rumah panggung dijadikan kandang hewan peliharaan tapi di zaman sekarang, anda bisa menjadikan kolong rumah panggung sebagai taman yang menghiasi rumah anda. Manfaat jika anda memiliki rumah panggung, saat banjir anda tak perlu repot memindahkan barang dari lantai satu ke lantai dua, karena rumah anda tidak akan terkena banjir.

READ  Konsep Desain Rumah Minimalis Type  45 “Smarthouse”

2. Rumah back to nature

Untuk anda yang suka dengan kesejukan alam, rumah panggung bertema back to nature bisa anda pilih. Setelah anda penat dengan aktivitas seharian di luar rumah saat kembali ke rumah , anda akan segar kembali karena rumah anda bernuansa alam. Teras bawah rumah anda bisa dijadikan ruangan lesehan dengan sedikit barang-barang yang ringan  dikelilingi pohon-pohon tempat untuk bercengkrama. jika anda tinggal di kawasan langganan banjir, jika anda memiliki rumah seperti ini anda tak perlu repot memindahkan barang, karena teras rumah bawah anda hanya terdapat barang-barang yang ringan saja.

3. Rumah Panggung untuk Mushalla

 

Selain sebagai hunian, anda bisa memilih rumah panggung yang berfungsi sebagai mushalla. Mushalla yang berdesain seperti rumah panggung dan terbuat dari kayu akan menimbulkan kesan elegan, antic dan menularkan kesan ketenangan. Kesan tenang yang menular dari desain mushalla akan membuat ibadah anda lebih khusyu.