Desain Interior Rumah Klasik Modern

Apabila berbicara mengenai rumah klasik modern, tentunya sangat asyik dibahas. Rumah klasik modern memiliki hubungan kuat dengan arsitektur klasik Yunani dan Roma Kuno. Pasalnya, rumah-rumah pada zaman Yunani Kuno menggunakan desain klasik modern.

Meskipun terlihat kuno dan jadul, namun masih banyak orang menyukai rumah dengan desain klasik ini. Rumah klasik yang notabene berkaitan dengan  desain penuh ukiran, pahatan, gambar-gambar yang disertai dengan ornamennya yang khas. Meski terlihat jadul, namun rumah dengan desain klasik tak menjadi kekurangan penggemar.

Dengan seiringnya perkembangn zaman yang ada, konsep rumah klasik  kini mulai berubah ke arah yang lebih dinamis. Konsepnya pun menjadi lebih modern tanpa meninggalkan unsur keeleganannya. Konsep kontemporer, yap. Itu adalah konsep baru bagi desain interior rumah klasik modern.

Jika anda ingin mencoba untuk mendesain rumah dengan model klasik modern tanpa menggunakan jasa desainer. berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Jika pada zaman romawi kuno, rumah klasik selalu khas dengan lahannya yang luas, kini anda tidak diharuskan untuk memiliki lahan ataupun tanah yang luas. Anda hanya perlu mengatur tata ruangnya dengan baik.
  2. Rumah klasik selalu menggunakan material kayu dalam pembangunannya. Hal ini diperlukan untuk menambah keindahan dari desainnnya.
  3. Rumah klasik biasanya membangun pilar-pilar besar. Pilar-pilar besar ini berguna untuk memperkokok pondasi, selain itu juga memberikan kesan yang benar-benar klasik dari desain ini. Apabila rumah anda tidak mempunyai lahan yang besar, anda bisa memperkecil diameter dari pilar-pilar tersebut.
  4. Dalam konsep jendela, anda dapat memilih jendela yang lebar. Berikan sentuhan tirai minimalis serta panelnya dengan bentuk tetap menjadi persegi dengan lengkungan dibagian atasnya.
  5. Pada bagian atap rumah, anda bisa memakai konsep atap persegi atau model datar.
  6. Anda dapat mencoba konsep rumah dengan gaya new mexico. Konsep rumah ini memiliki kombinasi antara desain klasik dengan modern.
READ  Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Setelah anda mengetahui tentang hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan rumah berdesain klasik modern. anda juga pelu mengetahui macam-macamnya. Yaitu sebagai berikut:

 

Model rumah early classical revival

Model rumah early classical revival adalah contoh modern dari model rumah yang berdesain klasik. Model ini bisa dibilang sebagai kebangkitan desan klasik modern. dengan teras yang bertingkat dua lebih dominan dan didukung oleh kolom-kolom Tuscan dengan balkon yang berada di lantai dua dan langkan yang menyatu ke dalam kolom dan detailnya yang sangat unik. Simetri serta komposisi berulang melalui bukan jendela dan pintunya.

Pelopor desain rumah early classical revival ini didirikan pada tahun 1859. Rumah ini terletak dipusat kota Natchez, Missisipi Stanton Hall. Ciri khas yang pling menonjol dari model rumah ini adalah pilar-pilar tinggi dan balkon besinya.

 

Model rumah Greek Revival

Perbedaan yang mencolok antara model rumah Greek Revival dengan early classical revival adalah desain cornicenya yang menonjol  serta rangkaian detail ukiran dibawah lis atap. Model rumah ini cenderung lebih modern dan berwarna. Namun tetap berpegang pada konsep klasiknya.

 

Model rumah Neoclassical

Model rumah ini dapat dibagi menjadi menjadi tiga tipe utama. Yaitu bangunan bergaya kuil kuno, Palladian, dan blok klasik. Meskipun memiliki perbedaan namun tetap berfokus pada penerapan elemen klasik bangunan gereja dan modern. seperti bangunan vila dan pallazo.