Desain Terbaik untuk Kamar Tidur Utama yang Mungil

Kamar utama menjadi salah satu ruangan yang sangat privasi. Berbagai desain untuk kamar utama telah di aplikasikan diberbagai rumah. Kamar tidur menjadi ruangan yang sangat penting karena ditempat inilah kita akan berisitirahat. Maka anda harus mendesain kamar tidur senyaman mungkin.  Pemilihan desain akan membuat mood anda kurang baik karena anda akan tidur dan pertama kalai membuka mata diruangan ini. Ada beberapa tips untuk mendesain kamar tidur utama.

Buat Desain yang Simple

Anda bisa memilih desain apa yang anda terapkan pada kamar. Biasanya desain pada kamar bisa anda bedakan dengan desain rumah, hal ini dilakukan bila desain rumah tidak sesuai dengan keinginan anda. Tapi disarankan untuk desain kamar utama ataupun kamar lainnya harus yangn memberikan kesan nyaman. Desain minimalis dan bernuansa natural masih menjadi desain terpopuler untuk kamar tidur utama.

Pilih Bentuk Ranjang

Dalam pemilihan bentuk ranjang, bisa anda sesuaikan dengan tema yang anda terapkan pada kamar tidur utama. Usahakan memilih bentuk ranjang yang disesuaikan dengan bentuk kamar. Ranjang akan menentukan keindahan dari kamar tidur anda. Untuk warna juga usahakan senada dengan warna cat dinding agar warna ranjang tidak mencolok. Saat ini sudah banyak bentuk ranjang dan unik, atau bakhan anda juga bisa membuatnya secara custom. Tpi yang perlu anda ingat, bagaiana pun ranjang, hal yang ternting adalah tempat tidur tersebut dapat membuat anda nyaman ketika beristirahat.

Menata Ruang agar Terlihat Luas

Rumah minimalis berarti anda tidak akan memiliki ruang yang cukup luas untuk ruang kamar tidur utama. Anda harus pintar – pintar menata ruangan agar kamar anda tetap terlihat luas. Usahakan anda tidak menyimpan barang yang jarang digunakan terlalu banyak didalam kamar. Hal ini akan membuat kamar anda terlihat lebih sempit. Gunakan juga furniture yang memiliki fungsi ganda, misalnya meja lampu yang berfungsi juga sebagai tempat menyimpan barang. Hal ini dilakukan untuk menghemat ruang.  Selain itu, pencahayaan juga sangat penting karena akan membuat kamar anda terlihat lapang. Ventilasi didalam kamar juga perlu diperhatikan.

READ  Kreasi Hiasan Kamar Tidur Hemat Biaya

Mengatur Ukuran Kamar

 

Ukuran kamar utama sebenarnya bisa diatur. Tapi bagi rumah minimalis hal ini harus dipikirkan ulang. Menagapa? Karena jika anda ingin memperbesar kamar utama berarti harus ada ruangan yang dikorbankan. Artinya luas dari ruangan lain akan mengecil. Hal ini bsa anda sesuaikan sesuai keperluan anda.

Memilih Cat Dinding atau Wallpaper

Untuk kamar utama yang berukuran kecil disarankan untuk menggunakan warna netral ataupun warna terang yang tidak mencolok. Karena warna gelap akan membuat kamar terlihat lebih sumpek. Bagi anda yang ingin menggunakan wallper juga diisarankan untuk memilih motif yang tidak berukuran kecil dan banyak. Hal ini dilakukan agar kamar mungil anda tetap terlihat luas.

Setelah mengetahui tips – tips untuk mendesain, apakah anda sudah memiliki inspirasi untuk mendesain kamar utama? Untuk membantu anda, berikut desain terbaik untuk kamar utama yang mungil.

Menempatkan tempat tidur diatas

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendesain kamar tetap terlihat kece meskipun memiliki ruangan yang mungil. Salah satunya dengan mengangkat tempat tidur anda. Maksud dari mengangkat tempat tidur adalah menyimpan tempat tidur tidak menyentuh dengan lantai. Misalnya anda bisa menggunakan konsep kabinet. Untuk naik kerangjang anda bisa menaiki tangga dari laci yang tertanam dikabinet. Atau anda bisa memiliki ranjang diatas ruang belajar anda. Untuk naik ke ranjang, anda perlu menaiki tangga. Bawah ranjang digunakan sebagai meja belajar. Dengan begini kamar mungil anda akan tetap mampu memiliki ruang yang anda butuhkan.

Tempat tidur dan ruang kerja

Tempat tidur ini memang yang paling populer. Meskipun terkesan biasa tapi anda bisa mempercantiknya dengan furniture yang anda gunakan. Kasur yang empuk dengan ukuran yang tidak bisa besar dilengkapi rak buku tepat disebelah tempat tidur. Meja dan kursi untuk ruang kerja anda berada tepat didepan tempat tidur. Untuk menghasilkan ruangan yang tidak sempit anda usahakan untuk tidak menyimpan lemari baju yang besar didalam kamar.

READ  Tips Dekorasi Kamar tidur Anak Perempuan

Tempat Tidur lipat

Tempat tidur lipat sangatlah cocok bagi anda yang memiliki kamar yang sangat mungil. Anda bisa memaksimalkan ruang dengan melipat tempat tidur. Biasanya tempat tidur lipat ini menyatu dengan dinding. Jadi jika anda tidak tidur, anda bisa melipat ranjang dan bisa memaksimalkan ruang kamar anda. Untuk mempercantik tempat tidur lipat, anda bisa menambahkan dua rak buku di sisi – sisinya. Pada kamar dengan konsep tempat tidur lipat usahakan menggunakan cat dinding berwarna putih atau warna soft yang tidak mencolok, agar kamar tidak akan terasa sumpek.

Kamar Multi Fungsi

Yang dimaksud kamar multi fungsi yaitu kamar yang diisi dengan furniture yang multi fungsi. Misalnya ranjang tidur yang bisa dilipat menjadi tempat tidur. Laci dalam kabinet yang bisa digunakan meja kerja. Hal – hal multi fungsi ini sangat dibutuhkan bagi anda yang memiliki kamar berukuran mungil. Anda bisa membuat rak buku dan lemari baju yang menyatu dengan kabinet. Namun kekurangan dari kamar ini adalah mungkin anda akan merasa kurang nyaman dengan tempat tidurnya jika tidak didesain dengan baik. Padahal kunci utama dalam mendesain kamar adalah membuat nyaman ketika kita beristirahat.

Ranjang seperti Lemari Besar

Ranjang ini memiliki tutup pintu yang digeser. Jika anda membutuhkana privasi lebih ditmpat tidur, atau anda ingin membuat kamar anda terlihat lebih unik, anda bisa menggunakan konsep ini. tempat tidur bisa dijadikan sebagai ruang lain meskipun masih ada didalam kamar. Tutup pintu kasurnya juga bisa anda buat unik dengan dibentuk menjadi sesuatu. Namun yang perlu anda perhatikan untuk membuat konsep ini adalah pencahayaan. Pencahayaan yang baik bagi kamar yang mungil sangatlah dibutuhkan agar kamar tetap telihat luas dan tidak sumpek.

READ  Tips Desain Kamar Tidur Ukuran 3x3 Agar Lebih Nyaman Dan Luas

Kamar Tidur Bernuansa Ceria

Kamar bernuansa ceria berarti anda harus menggunakan warna – warna yang mencolok. Tapi jangan khawatir terlihat sempit. Untuk warna dominnan anda harus tetap menggunakan warna yang netral. Misalnya cat dinding anda berwarna putih. Agar nuanasanya lebih ceria anda beri sentuhan warna pink dan biru yang mencolok. Anda jgua bisa menambahkan beberapa aksesoris dinding yang berwarna pink dan biru. Meskipun didominasi dengan warna putih, tapi warna pink dan biru akan terlihat lebih menonjol.

Berikut adalah desain terbaik yang bisa anda terapkan pada kamar utama yang mungil. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi. Yang perlu anda ingat, apapun desain yang anda gunakan, pastikan kamar selalu bersih, memiliki pencahayaan yang baik dan ventilasi udara yang lancar agar anda selalu merasa nyaman ketika berisitirahat di kamar.