Inspirasi Gaya Interior Rumah Minimalis 2018

Memiliki sebuah hunian pasti menjadi tujuan ataupun keinginan setiap orang. Apalagi bisa memiliki rumah dengan uang hasil jerih payah sendiri. Mempunyai rumah hasil kerja keras sendiri pasti anda tidak akan memperdulikan seberapa besar rumah yang anda miliki. Yang penting keinginan anda untuk memiliki rumah bisa tercapai, maka ada rasa kebanggaan tersendiri.

Rumah minimalis, salah satu yang bisa menjadi pilihan anda untuk memiliki rumah dengan budget yang tidak terlalu besar. Memiliki rumah minimalis bukan berarti anda tidak bisa mendekornya. Anda bisa mendesain dan mendekor rumah minimalis anda agar tampak luas dan nyaman untuk ditinggali. Budgetnya pun bisa disesuaikan. Dengan interior yang minimalis rumah anda bisa tetap terlihat cantik, mewah bahkan elegan.

Ada beberapa tips bagi anda yang ingin mendesain dan mendekor rumah minimalis anda;

  1. Pemilihan tema rumah

Hal pertama yang anda lakukan untuk mendesain sebuah rumah adalah menentukan tema apa yang akan anda angkat. Tema rumah akan menentukan furniture dan cat rumah yang akan anda gunakan. Ada beberapa contoh tema rumah yang dapat anda terapkan dalam rumah minimalis seperti nuansa pop retro, klasik vintage, alami pedesaan, dan masih banyak lagi.

  1. Tata setiap ruangan secara bertahap

Ketika menatapa rumah, pastikan anda melakukannya secara bertahap. Misalnya anda bisa mulai menata ruang kamar tidur. Pastikan anda telah selesai menata ruang kamar tidur untuk menata ruangan yang selanjutnya.

  1. Memilih furniture yang efisien dan fungsional

Karena anda memiliki rumah yang minimalis, maka anda harus menyesuaikan furniture yang anda gunakan agar rumah tetap terlihat luas. Pastikan anda memilih furniture yang memiliki fungsi ganda. Misalnya meja tamu yang sekaligus bisa dijadikan tempat menyimpan barang. Dengan memilih furniture yang berfungsi ganda, anda akan bisa menghemat ruang. Agar rumah anda terlihat lebih luas, anda juga bisa menggunakan cermin. Cermin membuat rumah anda yang minimalis terlihat lebih luas dan lapang didalam ruangan.

  1. Singkirkan benda yang tidak banyak dipakai
READ  Interior Ruang Keluarga Mewah

Benda yang jarang digunakan atau bahkan tidak terpakai sering kali membuat rumah anda terlihat lebih sempit. Untuk memperluas rumah yang minimalis, lebih baik anda menyingkirkan benda yang jarang digunakan. Atau anda bisa menyimpannya diruang penyimpanan agar terlihat lebih rapih. Jika anda membutuhkan kembali benda itu, anda juga bisa mengambilnya dengan mudah diruang penyimpanan.

  1. Memilih warna yang lembut dan tidak mencolok

agar rumah minimalis anda terlihat lebih luas, anda bisa memilih warna-warna yang lembut atau cerah tapi tidak mencolok. Misalnya anda bisa memilih warna putih. Furniture yang anda gunakan untuk cat berwarna putih bisa beragam, karena warna putih lebih netral dan bisa disandingkan dengan warna-warna lainnya.

  1. Pastikan jendela dan sirkulasi udara mengalir dengan baik

Untuk menghasilkan hunian yang nyaman dan sehat, anda harus memastikan udara dapat mengalir dengan baik. Pastikan rumah anda memiliki ventilasi. Akan lebih baik jika rumah anda terlihat lebih terbuka dengan alam. Selain memberikan udara yang lebih sehat, rumah anda juga akan terlihat lebih cerah. Hal ini juga bisa membuat anda lebih hemat listrik.

  1. Manfaatkan gudang atau ruangan penyimpanan

 

Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, pastikan anda mempunyai ruang penyimpanan. Ruang penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang jarang anda gunakan, tapi masih berfungsi untuk digunakan. Dengan andanya ruang penyimpanan, tentunya anda bisa lebih menghemat ruang sehingga rumah minimalis anda bisa terlihat lebih luas.

Anda bisa menerapkan beberapa tema untuk rumah minimalis anda. Berikut inspirasi gaya interior untuk rumah minimalis:

Modern Elektis yang Menawan

 

Interior dengan gaya ini sangat cocok bagi anda yang tinggal diperkotaan dan lebih senang dengan hal yang praktis dan efisien. Bagian depan rumah terlihat lebih natural dengan cat berwarna putih dan beberapa tanaman yang mempercantik rumah anda. Untuk bagian ruang tamu anda bisa menggunakan keramik yang bersih dan satu set sofa yang warnanya anda sesuaikan dengan furniture yang lainnya. Untuk bagian dalam rumah anda seperti dapur. Anda bisa menggunakan lantai kayu. Untuk menghemat ruang, anda bisa satukan dapur dengan ruang makan. Pastikan furnture yang anda gunakan juga terbuat dari kayu. Tentunya dengan interior seperti ini tidak akan terlalu menguras isi dompet anda. Tapi anda tetap bisa mendapatkan hunian yang terlihat lebih hidup dan nyaman untuk ditempati.

READ  4 Tips dan Interior Rumah Kecil yang Wajib Anda Coba

Nuansa Pop Retro

 

Rumah minimalis dengan gaya interior nuansa pop retro cocok bagi anda yang senang dengan mood yang ceria. Nuansa pop retro akan membuat hunian anda terlihat lebih berwarna. Meskipun berwarna tapi anda harus tetap memilih satu warna yang akan terlihat lebih dominan untuk menetralkan semua warna. Anda bisa memilih warna dominan yang netral seperti warna putih. Untuk furniturenya anda bisa memilih warna-warna yang cerah. Jangan lupa untuk memilih furniture yang memiliki bentuk yang unik agar nuansa pop retro lebih terasa. Meskipun furniture yang anda pilih berwarna-warni tapi tetap pastikan warna-warna tersebut tetap selarsar bila disatukan.

Klasik dengan Gaya Vintage

Meskipun anda memiliki hunian yang minimalis tapi anda bisa mendesainnya agar tetap terlihat mewah. Untuk budget juga masih bisa anda sesuaikan dan kalkulasikan sesuai kebutuhan. Agar hunian anda terlihat lebih klasik dan vintage, anda bisa menggunakan wallpaper bernuansa ramai pada dinding anda. Jangan lupa untuk menggunakan hiasan cermin pada dinding. Cermin akan membuat rumah anda terlihat lebih luas meskipun dinding anda penuh dengan wallpaper. Untuk mempercantik ruang tamu, anda bisa menambahkan sofa dua dudukan dan meja tamu yang berbentuk unik. Untuk menambah gaya vintage anda juga bisa menambahkan karpet bermotif.

Nuansa Alami Pedesaan

Biasanya bagi anda yanng tinggal diperkotaan dan sumpek dengan suasana kota, anda bisa menggunakan tema alami pedesaan untuk melepas lelah anda ketika pulang kerumah. Anda bisa menggunakan dominasi furniture kayu agar rumah minimalis anda terlihat lebih alami. Karena ruma yang minimalis, anda bisa menyekat tiap ruangan menggunakan furniture yang minimalis agar terlihat lebih luas. Lantai kayu juga bisa membuat suasana rumah anda terlihat lebih adem. Tambahkan beberapa tanaman kecil didalam ruangan yang perawatannya tidak ribet agar rumah minimalis anda memiliki nuansa pedesaan.

READ  Trik Menata Taman Belakang Rumah Minimalis Lahan Sempit

Gaya Interior Original

Gaya originalitas juga bisa anda terapkan dalam rumah minimalis. Anda bisa membiarkan salah satu bagian dinding bata dibiarkan terbuka yang akan memberikan kesan rustic. Kesan rustic akan lebih dominan apabila anda kombinasikan dengan furnitur modern yang berwarna-warni tapi tetap selaras. Untuk bagian dinding yang lainnya anda bisa gunakan sebagai keluar masuknya ventilasi dengan jendela yang dihiasi gorden berwarna selaras dengan furniture anda. Rumah minimalis dengan gaya originalitas tidak memerlukan banyak polesan dan tidak akan menguras isi dompet anda.