Warna Interrior Rumah Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat didalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan Panjang dan pendeknya gelombang tersebut. Contohnya, warna biru mempunyai Panjang gelombang 460 nanometer.

Dalam dunia optis, warna berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna printer cahaya. Yaitu merah, hijau dan biru. Kesemuanya digabungkan dalam komposisi tertentu. Sedangkan dalam dunia seni rupa, warna berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat dipermukaan benda.

Di masing-masing warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Contohnya saja, warna merah memberikan kesan berani.selain itu, didalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai keetidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai perwakilan kehadiran seluruh gelombang warna.

Dalam klasifikasinya, warna terbagi menjadi 4 kelompok. Yaitu warna netral, warna kontras, warna paras, serta warna dingin. Warna netral adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian sesudahnya. Warna kelompok ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus.

Yang kedua yaitu, warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan yang lainnya. Warna kontras biasanya didapat dari hasil memotong titik tengah segitiga yang dari warna berseberangan. Contohnya yaitu warna merah dengan hijau dan kuning dengan ungu. Yang ketiga yaitu warna panas, kelompok dengan warna ini memberi kesan jarak yang dekat. Contohnya yaitu warna merah hingga kuning. Warna-warna ini juga memberikan kesan semangat dan riang.

Yang keempat yaitu warna dingin. Warna dengan kelompok ini memberikan rentang dengan setengah lingkaran didalam lingkaran, berupa warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi symbol kelembutan, nyaman, hangat, dan sejuk.

Dalam psikologi warna, warna mampu memberikan pengaruh psikologi atau kejiwaan pada siapa saja yang memandangnya. Setiap warna mempunyai makna yang berbeda, dan psikologis yg berbeda pula.

READ  Dekorasi Isi Dalam Rumah Minimalis

Jika dihubungkan dengan desain interior. Warna memang berkesinambungan dengan interior rumah. Karena pemilihan warna merupakan bagian dari konsep desain interior. Setiap ruangan memiliki fungsinya masing-masing. Dalam hal ini mempengaruhi warna yang seharusnya digunakan. Warna ruang tamu tentunya berbeda dengan warna kamar mandi. Begitu pula, antara warna kamar tidur berbeda dengan dapur.

Ruang tamu digunakan sebagai tempat untuk menyambut para tamu. Ruang tamu sebaiknya dirancang untuk menimbulkan suasana rumah yang dikhususkan untuk menyambut. Sebaiknya, pilihlah warna-warna hangat, yaitu biru, kuning, hijau, orange dan sebagainya. jangan lupa pula untuk memberikan gradasi-gradasi pudar agar lebih hangat.

Untuk kamar tidur. Usahakan memilih warna yang membuat nyaman untuk ditempati. Bagaimanapun juga, kamar tidur adalah ruangan untuk melepas lelah. Jadi, buatlah ruang tersebut nyaman. Salah satunya yaitu dengan memberikan warna-warna yang membua nyaman. Yaitu dengan menggunaka warna-warna cerah seperti biru cerah, merah muda cerah, hijau cerah serta warna lainnya.

Kamar mandi memang paling pas untuk menggunakan warna hijau, biru, putih dan lainnya. pilihlah warna yang sejuk agar memberikan kesan segar. Dan yang terakhir yaitu warna untuk dapur. Agar terkesan rapi dan menambah nafsu makan, anda dapat memilih warna merah, cokelat, hijau yang bisa sedikit dipadu padankan dengan warna lainnya yaitu ungu muda, kuning tua serta warna cerah lainnya.