Desain Dalam Rumah

Desain dalam rumah adalah seni atau proses merancang dalam ruangan, yang biasanya meliputi luar ruangan dari sebuah ruangan atau bangunan. Desain dalam rumah bisa disebut juga dengan Desain Interior. Desain Interior merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan terhadap suatu karya seni yang didalamnya terdapat suatu rancangan bangunan dan digunakan dalam memecahkan masalah pada manusia. Bidang studi ilmunya bertujuan agar dapat menciptakan suatu lingkungan binaan yang fungsional, dan dapat menunjang kenyamanan penggunanya dalam beraktiftas didalam ruangan.

Akhir-akhir ini, perkembangan dunia desain dalam rumah sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Menurut hasil peneliitian dari ilmu pengetahuan modern, terutama bidang studi psikologi, membuktikan bahwa desain dalam rumah terdapat hubungan psikologis seseorang. Ternyata, desain interior rumah yang dipilih oleh seseorang merupakan refleksi nyata dari karakter dan kepribadian orang tersebut. Bagaimana keseluruhan desain dan dekorasi digunakan, menggambarkan diri kita atau semacam ciri khas dari diri kita yang sebenarnya.

Contohnya saja, pemilihan warna. Hal ini sangat esensial. Bagaimana tidak, pemilihan warna merupakan bagian terpenting dari suatu desain ruangan. Pasalnya, desain warna memberikan dampak yang signifikan terhadap mental seseorang.

Tak terlepas dari itu, Desain dalam rumah tentunya dibentuk melalui elememen-elemen pembentuk yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Elemen-elemen tersebut merupakan hal yang paling mendasar dalam desain dalam rumah. Elemen-elemen desain dalam rumah meliputi plafond, dinding dan lantai.

Elemen plafond merupakan bagian dari interior yang berada dipaling atas sebagai penutup ruang. Sedangkan elemen dinding, yakni bagian dari interior yang posisinya ditengah atau mengelilingi dan membentuk ruang sebagai pembatas. Dan yang terakhir yaitu lantai. Lantai merupakan bagian paling bawah dari ruangan yang digunakkan sebagai alas ruang tersebut.

READ  Tips Cara Membangun Rumah Tingkat Yang Minimalis

Dalam penataan desain dalam ruangan tentunya memiliki prinsip-pinsip dasar yang menjadi pondasi agar tak hanya memperkuat praktiknya namun juga tekniknya. Terdapat tujuh prinsip-prinsip dasar, yaitu unity and harmony, vocal point, balance, ritme, detail, skala dan proporsi serta warna.

Unity and harmony adalah ruangan yang dianggap sebagai suatu kesatuan dimana semua elemen saling melengkapi satu sama lain. Yang kedua yaitu balance. Balance berarti tidak berat sebelah dan seimbang. Yang ketiga yaitu vocal point, vocal point memiliki aksen yang menjadi daya tarik ruangan. Yang keempat yaitu ritme. Ritme yang dimaksud disini tentunya bukanlah ritme music. Rime disini merupakan semua pola pengulangan tentang visual. Lalu ada detail. Detail disini mencakup segala kelengkapan yang ada pada ruangan. Seperti furniture utama, tambahan, dan artivasial. serta skala dan proporsi yang berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan, civitas yang berada didalam ruangan. Dan yang terakhir, yaitu warna. Warna sangat berpengaruh sekali terhadap mood atau suasana hati seseorang. Apabila warna tersebut bagus dan enak dipandang, maka segla aktifitas yang ada didalam ruangan dapat berjalan dengan baik.