Desain Taman Mungil bagi Rumah Minimalis Anda

Untuk menambah kesan bernuansa alami, anda bisa menyediakan space khusus untuk membuat taman. Dengan memiliki taman di rumah, akan membuat rumah lebih asri dan sejuk dengan pemandangan hijau yang diihasilkan taman.

Jika anda memiliki rumah minimalis dan tidak memiliki banyak space untuk membuat taman, hal ini tidak jadi masalah. Yang pentig pintar – pintar anda ketika menatanya. Dengan mencipkatakan sebuah taman dihunian anda akan membuat rumah anda lebih harmonis dan indah.

Sebenarnya taman bisa anda buat dibelakang, sisi, ataupun di dalam rumah. Tapi ada keuntungan tersendiri apabila anda membuat taman didepan rumah. Membuat taman didepan rumah akan membuat rumah anda terlihat lebih asri apalagi bagian depan rumah merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh orang lain.

Ada beberapa tips bagi anda yang ingin membuat taman bagi rumah minimalis anda.

  1. Sesuaikan dengan Gaya Rumah Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat taman adalah sesuaikan dengan tujuan. Tujuan anda membuat taman untuk apa, apakah hanya untuk hiasan rumah atau untuk menyalurkan hobi anda. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan taman dengan gaya rumah anda. Bentuk taman disesuaikan denga space yang anda berikan pada hunian anda. Pemilihan tanaman juga mengikuti gaya rumah anda. Apabila anda memilih tanaman dengan dominan warna hijau terang anda bisa melengkapinya dengan warna bunga – bunga yang hangat. Gaya ini sangat cocok apabila urmah anda bergaya tropis. Bagi anda yang memiliki rumah dengan gaya modern minimalis, anda bisa memilih tanaman yang dominan hijau gelap dikombinasikan dengan bunga – bunga berwarna terang seperti pink atau ungu.

  1. Pilih Tanaman yang Cocok untuk Ditanam
READ  Apa Itu Taman Vertikal Dan Apa Saja Keunggulannya?

Anda harus menyesuaikan tanaman dengan iklim rumah anda. Hal ini sangat penting agar tanaman tetap bisa tumbuh dengan baik. Taman diciptakan untuk mempercantik rumah anda, maka percuma jika tanaman yang anda tanam tidak tumbuh dengan baik. Sekali lagi tanaman yng anda pilih harus sesuai dengan gaya rumah anda. Untuk lebih mempercantik taman, anda bisa menambahkan lighting. Lighting disimpan tepat pada tanaman, tanam anda akan tetap terlihat lebih hidup meskipun pada malam hari. Sebelum mamang lighting, pastikan tanaman dan pot terpasang dengan baik, hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Usahakan juga lampu taman tetap terjaga meskipun terkena hujan.

  1. Tanam Beberapa Jenis Bunga Bersamaan

Bagi anda yang ingin membuat taman tapi memiliki lahan yang kecil. Anda perlu mengetahui trik ini. dalam pemilihan warna bunga harus anda sesuaikan dengan lingkungan taman sekitar. Pencahayaan dan warna sekitar lingkungan ataman akan mempengaruhi pemilihan warna pada taman anda. Bagi anda pemula yang masih bingung menyocokkan warna, lebih baik anda menggunakan dua atau tiga warna saja. Usahakan tanaman ditaman secara bersamaan agar berbunga diwaktu yang bersamaan juga. Pemilihan warna akan mempengaruhi kesan yang didapat dari taman anda. Bagi anda yang ingin mendapatkan  kesan yang nyaman, anda bisa memilih warna – warna yang hangat. Untuk warna – warna yang cerah akan membuat kesan lebih ceria dan memberikan efek taman anda terlihat lebih luas. Maka dari itu pemilihan tanaman juga bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin anda dapatkan.

Setelah mengetahui tips membuat taman bagi rumah minimalis, waktunya anda untuk mendesain taman. Untuk menambah inspirasi anda, berikut desain taman mungil bagi rumah minimalis anda.

READ  Ide  Dekorasi Taman Kolam Minimalis Depan Rumah

Taman Vertikal dan Horizontal

Bagi anda yang hanya memiliki lahan yang sempit, anda bisa menggunakan taman vertikal saja. Tapi bagi anda yang memiliki lahan yang cukup luas, anda bisa mengkombinasikan keduanya agar taman anda terlihat lebih hidup. Untuk membuat taman vertikal, anda membutuhkan papan kayu yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan papan kayu yang disimpan dilantai atau papan kayu yang tergantung didinding. Bagi anda yang memiliki lahan yang sempit, disarankan untuk menggunakan papan kayu yang digantung. Dengan papan kayu yang digantung, anda juga masih tetap bisa berkreasi. Anda bisa menyusun atau menempatkan papan kayu secara zigzag agar terlihat lebih kreatif. Tanaman yang anda pilih pun harus disesuaikan dengan ukuruan papan kayu yang anda gunakan. Biasanya agar terlihat lebih variatif, tanaman yang dipilih adalah tanaman kecil yang berwarna warni. Atau anda bisa memilih tanaman kaktus yang saat ini sedang trend. Perawatan untuk tanaman kaktus juga terhitung mudah.

Lantai Teras Disulap Menjadi Pot Bunga

Desain ini merupakan desain yang paling simple dan tidak akan menghabiskan banyak tempat. Biasanya taman identik dengan penggunaan pot. Anda akan bingung mencari dan menyesuaikan ukuran pot yang sesuai dengan luas taman yang anda punya. Padahal sebenarnya pot bisa terbuat dari bahan apapun seperti plastik, keramik, semen, beton ataupun kayu. Jumlah ukuran pot yang anda butuhkan untuk membuat sebuah taman juga menjadi perhitungan tersendiri. Solusinya, anda bisa menggunakan cekungan pada teras untuk dijadikan pot bunga. Anda tinggal membuat cekungan pada teras anda dan mengisinya dengan tanah. Berntuk cekungan bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Kemudian anda bisa mengisi pot cekungan itu dengan bunga yang berwarna – warni. Taman dari cekungan teras juga akan membuat anda lebih irit. Anda tidak perlu membeli pot, yang anda butuhkan hanyalah tanah dan tanaman ataupun bunga. Untuk mempercantik taman, anda bisa menambahkan bebatuan disekitar taman cekungan.

READ  Tips Memilih Tanaman Di Balkon

Penataan yang baik untuk Taman Konvensional

Taman konvensional membutuhkan ruang yang cukup luas dibanding taman – taman sebelumnya. jika anda memiliki space yang cukup luas antara pagar dan pitu utama rumah anda, anda bisa mengisinya dengan taman konvensional. Taman konvensional atau kebuh biasanya memiliki pola geometris dan simetris. Terdapat ruang untuk berjalah pada taman ini. sehingga anda harus mengatur struktur taman anda. Agar terlihat seperti hutan buatan, anda bisa memilih tanaman yang didomonasi dengan warna hijau. Untuk mempercantik tampilan taman, anda bisa menambahkan batu-batu alam diperbatasan antara taman dan ruang jalan. Atau sebaliknya, anda bisa membuat ruang jalan dari batu – batu alam. Taman konvensional akan membuat taman anda memiliki kesan taman kota.

Desain Taman Depan Pagar Rumah

Untuk menghemat lahan, anda juga bisa membuat taman kecil yang membentang pada pagar rumah anda. Ini akan membaut pagar anda telihat lebih cantik dan fresh. Anda bisa membuat pot cekungan pada teras disekitar depan pagar anda. Untuk tanaman anda bisa memilih tanaman hijau kecil ataupun aneka perdu. Taman depan pagar ini haru selalu anda bersihkan, rawat dan rapikan secara rutin. Taman didepan pagar rumah anda akan membuat orang yang lewat atau bahkan tetangga anda selalu melihatnya. Sehingga kerapihan dan kebersihan sangat mempengaruhhi kesan pertama dari orang yang melihat rumah anda.