Tips Desain Rumah Bambu Minimalis

Rumah bambu minimalis- Setiap orang tentu saja memiliki rumah idaman yang rapih, besar dan juga nyaman terutama bagi orang yang berada ditengah kota. Namun tidak semua rumah idaman yang  kita inginkan dapat terwujud dengan mudah terutama bagi sebagian orang yang berada didesa yang tidak memiliki budget yang banyak untuk membuat sebuah rumah.

Maka  dari itu anda dapat mengatasinya dengan membuat rumah bambu. Rumah bambu memang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.  Hal ini dikarenakan bentuk rumah bambu yang kurang layak. Akan tetapi sebenarnya desain rumah bambu tersebut memiliki nilai seni yang tinggi. Akan tetapi rumah bambu minimalis ini banyak digunakan ditempat-tempat wisata sebagia tempat untuk beristirahat.

Desain rumah bambu ini merupakan salah satu warisan budaya Negara Indonesia, hal ini dikerenakan rumah-rumah adat yang berada disetiap provinsi yaitu terbuat dari rumah bambu. Namun ada kelemahan tersendiri ketika kita membuat rumah bambu minimalis diantaranya yaitu mudah lapuk dan dimakan oleh serangga. Namun anda tidak perlu khawatir ketika anda akan membuat rumah bambu, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Beberapa Tips Desain rumah bambu minimalis

Ketika anda akan membuat rumah bambu minimalis maka anda harus memperhatikan beberapa bahan yang harus anda lakukan, maka dari itu berikut ini beberapa tips desain rumah bambu  minimalis yang dapat anda gunakan, diantaranya  :

  1. Melakukan Pengecekan

Ketika anda akan membuat sebuah rumah bambu minimalis maka sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu  pada bambu. Dan mengukur diameter yang tersedia pada bambu tersebut. sehingga pada saat melakukan pembangunan tidak akan terjadi kesulitan dalam mencari bahan sehingga akan menghambat pembangunan.

READ  Tips Memilih Model Bahan Desain Atap Rumah
  1. Melakukan Proses Pengawetan

Ketika anda akan membuat rumah bambu maka sebaiknya bambu yang akan anda gunakan untuk pembangunan sebelumnya dilakukan proses pengawetan. Hal ini agar menghindari terjadinya gangguan hewan yang dapat merusak bambu, cara yang digunakannya pun sangat mudah yaitu dengan cara merendam bambu dengan bahan kimia yang dapat mengawetkan bambu.

  1. Tidak Menggunakan Paku Besi

Pada saat proses pembangunan  dan penyusunan bambu maka alangkah lebih baiknya jika  paku yang digunakan yaitu bukan  paku besi. Karena dengan menggunakan paku besi akan membuat bambu menjadi mudah rusak karena  jenis paku yang kaku dan tidak lentur.

  1. Menggunakan Paku Pasak

Dan ketika menyusun bambu yang akan digunakan dalam pembuatan rumah maka lebih baik lagi jika anda menggunakan paku pasak. Paku pasak yaitu jenis paku yang terbuat dari bambu atau kayu yang telah dipotong kecil-kecil  sehingga akan tetap terlihat seperti paku, dan untuk membuat lubangnya maka anda dapat menggunakan bor

  1. Desain

Selanjutnya yang harus anda perhatikan dalam membuat rumah bambu yaitu dengan memperhatikan desain yang akan anda buat dan lebih baik lagi jika anda menyesuaikan dengan lingkungan yang berada disekitar rumah bambu tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar adanya kesesuaian antara alam dengan rumah yang dibuat sehingga akan membuat rumah bambu anda terlihat lebih nyaman.

  1. Memadukan Dengan Material Lain

Tips selanjutnya untuk membuat rumah bambu anda terlihat lebih menarik lagi maka anda dapat menggunakan dan memadukan material lain yang dapat membuat rumah mejadi menarik seperti batu alam dan lainnya.

  1. Penggunaan Cat

Selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk membuat rumah bambu anda menjadi lebih menarik yaitu  penggunaan cat. Maka dari itu gunakanlah cat yang tidak merusak warna asi dari bambu tersebut.

READ  Kelebihan Denah Rumah Type 70 Yang Perlu Anda Ketahui

Nah, itulah beberapa tips desain rumah bambu minimalis yang dapat anda jadikan referensi. semoga bermanfaat!