Tips Penataan Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Ruang tamu merupakan ruangan yang pertama dilihat oleh orang ketika berkunjung ke rumah anda. Maka dari itu, anda harus memperhatikan penataan ruang tamu agar memberikan kesan yang baik pada saat pertama orang melihatnya.  Ruang tamu juga bisa menunjukan kepribadian anda,maka dari itu anda bisa mengekspresikan jati diri anda dalam penataan ruang tamu.

Tak peduli ruang tamu itu besar atau kecil tetap saja anda harus bisa menatanya sebaik mungkin agar ketika orang berkunjung atau ketika anda berkumpul bersama keluarga terasa lebih nyaman. Untuk anda yang memiliki rumah minimalis dan tidak punya banyak ruang di rumah, ruang tamu juga bisa multifungsi menjadi ruang keluarga. Penataan ruang tamu yang kecil perlu inovasi yang lebih ekstra dibandingkan penataan ruang tamu yang luas.

Inilah tips untuk anda menata ruang tamu yang kecil :

1. Menggunakan tirai atau lemari sebagai pembatas

Untuk anda yang memiliki rumah yang minimalis, anda harus bisa menyiasatinya dengan barang multifungsi. Seperti menggunakan tirai , selain sebagai hiasan juga bisa sebagai pemisah antara ruang tamu dan ruang tengah ataupun menggunakan lemari sebagai pembatas dan juga tempat untuk menyimpan barang-barang milik anda. Cara ini akan membuat ruangan anda terlihat lebih luas.

2. Gunakan meja dan kursi secukupnya

Penataan ruang tamu yang kecil membuat anda harus berfikir dua kali untuk meletakkan kursi dan meja. Pilihlah meja dan kursi yang tidak memakan banyak ruang. Tempatkan 3-4 kursi pada ruang tamu anda, agar ruangannya masih memiliki lahan kosong. Selain itu gunakanlah furniture yang ringan, agar ketika banyak orang yang berkunjung ke rumah anda , kursi dan meja bisa dipindahkan ke tempat lain.

READ  Beberapa Ide Dekorasi Rumah 2 Lantai Mungil

3. Gunakan warna cat yang sesuai

Penggunaan warna pada ruangan juga harus diperhatikan untuk menambah keindahan dalam penataan ruang tamu. Pilihlah warna-warna yang memberikan kesan luas pada ruangan anda seperti warna biru laut, warna gelap akan memberikan kesan ruangan yang luas jika dipadukan dengan warna furniture yang sesuai. Jika anda memakai warna gelap pada dinding ruangan pilihlah warna furniture yang netral agar tidak terlihat berlebihan. Warna merah menyala juga bisa anda pilih untuk menghiasi dinding ruang tamu anda, pilihlah furniture warna putih agar memberikan kesan keindahan yang kontras. Jika anda lebih menyukai warna putih , pilihlah warna putih tapi hiasilah dindingnya agar memberikan kesan hidup karena warna putih memberikan kesan luas pada ruangan dan hiasannya agar membuat ruangan anda lebih enak dipandang.

4. Pilih furniture yang pas untuk ruangan.

Dalam penataan ruang tamu yang kecil, anda harus bisa memilih furniture yang pas dengan ruangan anda. Pertama pilihlah furniture yang multi fungsi, kedua pilih furniture dengan material dari gelas akan membuat ruangan terlihat lebih luas, ketiga pilih furniture dengan kaki dibawahnya dan pasangkanlah kaca di seberang jendela untuk menciptakan kesan luas pada ruangan.

Itulah tips untuk penataan ruang tamu yang minimalis agar terlihat lebih luas. Selain keindahan penataan ruang tamu, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan ruangan anda agar ruang tamu menjadi tempat nyaman untuk berkumpul.